Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 28 Februari 2012

facebook apakah cukup aman untuk anda..???

 Siapa tidak kenal Facebook? Situs jejaring sosial yang bisa membuat Anda memiliki banyak teman baru. Bahkan Anda bisa mengakses Facebook dari manapun dengan teknologi yang tersedia saat ini. Misalnya, Anda bisa mengakses dan memperbarui status atau wall Facebook Anda melalui Internet dan juga handphone.
Namun dibalik banyak manfaat Facebook, ternyata bahaya bisa mengintai Anda dan juga keluarga Anda. Namun seperti halnya sebuah pisau bisa digunakan untuk memotong bahan makanan untuk dimasak dan bisa juga untuk tindak kriminal, maka Facebook juga memiliki sisi negatif jika disalahgunakan. Apa sajakah bahaya Facebook?

Lupa waktu

Update status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding orang lain bisa sangat mengasyikan dan membuat lupa waktu. Hal itulah yang sering dirasakan para anggota Facebook. Maka, agar tidak lupa waktu perlu disiplin yang baik. Untuk anak Anda, tetapkan peraturan berapa lama mereka boleh mengakses Internet sehingga tidak kehabisan waktu untuk istirahat, belajar atau melakukan kegiatan lainnya.

Keretakan keluarga

Bagi pasangan yang telah menikah, menggunakan Facebook dapat menyebabkan keretakan dalam hubungan rumah tangga. Misalnya Anda melihat kata-kata romantis yang dikirimkan oleh seorang lawan jenis dari suami atau istri Anda. Hal ini mungkin dapat memicu pertengkaran. Saat aktif menggunakan Facebook, komunikasi dengan lawan jenis yang bukan pasangan bisa sangat akrab, membuat Anda sering menceritakan masalah Anda kepadanya dapat membuat pada akhirnya Anda tertarik pada orang tersebut, bukan pada pasangan sendiri.

Pencurian identitas

Mencantumkan identitas pribadi secara lengkap, bahkan sampai nomor telepon atau alamat rumah dapat memancing orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini karena jika tidak diatur secara khusus, semua orang di Internet dapat membaca informasi ini. Jika informasi ini digunakan oleh orang yang berniat jahat, maka hal itu dengan mudah dapat dilakukan.
Selalu lindungi privasi data pribadi Anda meski merasa yakin bahwa situs tersebut telah benar-benar aman. Bagikan informasi Anda hanya kepada orang yang benar-benar Anda kenal. Abaikan ajakan pertemanan jika Anda curiga terhadap keanggotaan orang tersebut di Facebook. Bahkan jika Anda sudah mendapat ancaman atau tindakan kurang menyenangkan dari orang lain di Facebook, Anda bisa melaporkan orang tersebut kepada pengelola Facebook.
Itu hanya beberapa dari bahaya Facebook. Jika digunakan secara berhati-hati dan sepatutnya, Facebook bisa menjadi teknologi Internet yang bermanfaat. Namun jika disalahgunakan, bahaya siap menanti Anda. Informasi selengkapnya mengenai dampak negatif Facebook dan cara mengatasinya, dapat dibaca pada artikel teknologi berikut ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.