Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 03 Desember 2011

Pengertian Sistem Pakar


Diamabil dari buku terbitan andi karangan Kusriani dalam buku Sistem pakat,teori aplikasi
  Sistem Pakar
Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan fakta dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanaya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut (Martin dan Oxman, 1988 ).
”Otak”  Sistem Pakar  adalah  mesin  inferensi,  yang  dikenal  juga  sebagai  struktur  kontrol  atau  penerjemah  aturan  (dalam  ES  berbasis-aturan).  Komponen  ini  sebenarnya  adalah  program  komputer 

yang  menyediakan  metodologi  untuk  mempertimbangkan informasi dalam pengetahuan dan workplace,  dan merumuskan kesimpulan.

Basis Pengetahuan (Knowledge Base)
 Basis pengetahuan merupakan inti dari suatu sistem pakar, yaitu berupa representasi pengetahuan dari pakar. Basis pengetahuan tersusun atas fakta dan kaidah. Fakta adalah informasi tentang objek, peristiwa, atau situasi. Kaidah adalah cara untuk membangkitkan suatu fakta baru dari fakta yang sudah diketahui. Menurut Gondran (1986) dalam Utami (2002), basis pengetahuan merupakan representasi dari seorang pakar, yang kemudian dapat dimasukkan kedalam bahasa pemrograman khusus untuk kecerdasan buatan (misalnya PROLOG atau LISP).

 Klasifikasi Sistem Pakar 
Sistem pakar mempunyai beberapa klasifikasi dasar yang membedakan dengan program
komputer biasa umumnya, yaitu (Turban, 1995):
1. Mempunyai kepakaran Dalam menyelesaikan masalah bukan hanya mendapatkan solusi yang benar saja, namun juga bagaimana mendapatkan pemecahan dengan cepat dan mahir.
2. Domain tertentu Sistem pakar mengutamakan kedalaman mengenai bidang tertentu.
3. Memiliki   kemampuan   mengolah   data  yang    mengandung    ketidakpastian kadang-kadang  data yang tersedia tidak lengkap sistem harus dapat memberikan pemecahan sesuai data yang tersedia dengan memberikan pertimbangan, saran atau anjuran sesuai dengan kondisi yang ada.
4. Dirancang   untuk  dapat  dikembangkan   secara  bertahap   Program  computer dirancang   untuk  memberikan  jawaban  yang   tepat  setiap  waktu. Sedangkan  system    pakar    dirancang   untuk    berlaku   sebagai   seorang  pakar,   kadang memberikan   jawaban  yang   benar,  dan    suatu   saat   mungkin   tidak    tepat  (Expert system makes mistake).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.